Kartu Jakarta Pintar Mendorong siswa putus sekolah untuk mendapatkan pendidikan disekolah

Kartu Jakarta Pintar Juli 22, 2019

Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) adalah program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.  Peserta didik tidak mampu adalah peserta didik pada jenjang satuan pendidikan sekolah dasar sampai dengan menengah yang secara personal dinyatakan tidak mampu baik secara materi maupun penghasilan orang tuanya yang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan seperti : seragam, sepatu dan tas sekolah, biaya transportasi, makanan serta biaya ekstrakurikuler.

Manfaat dan dampak positif yang diharapkan dari siswa penerima KJP Plus, antara lain : Meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan, Meringankan biaya persoal pendidikan, Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, Mendorong siswa putus sekolah untuk mendapatkan pendidikan disekolah/kursus atau pelatihan pendidikan informal lainnya, Meningkatkan pencapaian target angka partisipasi pendidikan anak, Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah maupun pendidikan kesetaraan untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi.

Persyaratan KJP Plus

  1. Warga DKI Jakarta Berdomisili di DKI JAKARTA yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau surat keterangan lain yang dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Membuat surat pernyataan tidak mampu/miskin yang diketahui orang tua dan Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.
  3. Terdaftar dan masih aktif disalah satu satuan pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.
  4. Diusulkan oleh sekolah yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan setempat yang selanjutnya diajukan ke Suku Dinas/Dinas Pendidikan setempat.
  5. Menandatangani lembar Pakta Integritas yang telah disediakan.

Siswa pemegang KJP Plus mendapatkan gratis Trans Jakarta dengan menunjukkan KJP, Kartu Pelajar dan berseragam sekolah.

Hubungi Pengurus RT untuk mendapatkan informasi lengkap

Chat WhatsApp